In bibirkering gulaco gulacolipscrub IHB IndonesianHijabBlogger lipbalm tips bibir kering

Bibir Kering Saat Berpuasa? No Way!

Bibir kering merupakan salah satu hal yang tidak bisa saya hindari. Bahkan dulu, ketika SMP, saya harus rela menggunakan margarin sebagai pelembab bibir karena susahnya menemukan produk yang tepat bagi bibir saya. Kasus terakhir lebih parah lagi, tahun lalu, bibir saya kering selama dua bulan. Waktu itu awal bulan puasa, saya berfikir bahwa itu hal yang wajar mengingat kondisi normal bibir saya yang memang kering ditambah kondisi siang dibulan puasa yang panas. Tapi setelah bulan puasa, bibir saya tetap saja kering bahkan lebih parah. Saya sulit untuk senyum atau sekedar menarik sudut bibir karena terlalu kering yang mengakibatkan rasa sakit dan berdarah. Saya mencoba segala macam treatment untuk bibir kering seperti banyak minum air putih, banyak makan buah, menggunakan madu, hingga mencari pelembab yang pas. Hasilnya? nihil. Sampai akhirnya saya disarankan oleh ibunya teman untuk ke dokter. Dari dokter saya diberikan obat berupa pasta berukuran kecil yang aman jika tertelan. Alhamdulillah, kurang lebih 4 hari bibir saya sudah kembali normal. Meskipun obat ini tidak memberikan efek estetika sehingga lebih baik digunakan saat malam hari. Dibulan puasa tahun ini, saya berusaha untuk mencegah agar tidak mengulangi cerita serupa. Saya memulai treatment di bawah ini, jauh sebelum ramadhan sekarang atau setelah tragedi tahun lalu tepatnya.
1. Lipbalm, sesering mungkin. Menggunakan lipbalm dipagi hari merupakan rutinitas yang sebaiknya tidak di-skip. Sama halnya dengan menggunakan krim pagi. Kulit bibir yang tidak memiliki kelenjar minyak mengharuskan kita untuk memberikan perhatian yang penuh agar kelembabannya terjaga. Kita harus tau lipbalm apa yang paling efektif digunakan untuk diri sendiri. Bagi saya, Gulaco merupakan salah satu produk terbaik dan efektif yang pernah saya temukan.

otton balm gulaco nadya
Otton Balm dari Gulaco (kanan)
 Otton Balm atau sekarang lebih dikenal dengan Moiste mampu melembabkan selama 4-5 jam. Banyak sekali varian Otton Balm yang ada, saya memilih cinnamon karena senang dengan aromanya. Saya menyarankan untuk tidak menggunakan produk ini saat bibir benar-benar kering seperti kasus saya di atas. Karena bibir semakin kering bahkan menimbulkan rasa sakit. Ketika bibir saya sudah semakin membaik setelah diberikan obat, baru produk ini berfungsi mengunci dan menjaga kelembaban. Sampai saat ini, produk pelembab dari Gulaco ini menjadi andalan saya untuk mengatasi bibir kering.

2. Scrubbing. Bukan hanya badan yang butuh discrub, bibir juga. Untuk membantu pengelupasan kulit mati, supaya terjadi regenerasi kulit. Saya menggunakan produk lipscrub dari Gulaco. Tekstrunya halus dan mudah diaplikasikan ke bibir. Rasanya manis dan bisa dimakan karena terbuat dari gula. Saya memilih varian ocha, simply because i love ocha. Bagi saya, saat sekali pemakaian efeknya kurang terlihat. Jadi, saya harus menggunakan 2 kali dalam seminggu. Sayangnya lipscrub atau Yummy LipScrub ini dikemas dalam jar sehingga harus menggunakan spatula atau ujung sendok atau dengan tangan yang bersih untuk mencongkel. Menurut saya, ini kurang praktis. Jika bingung bagaimana menggunakan ini, tenang, Yummy Lipscrub ini juga disertai denga manual book. Saat berpuasa, produk ini sebaiknya digunakan saat berbuka ya, kenapa? karna rugi kalo ngga sekalian dicicipi :p

Yummy Lipscrub Gulaco Zahrayny
Yummy Lipscrub Gulaco-Ocha
Yummy Lipscrub Zahrayny. zahraynynadya.blogspot.com
Bagian dalam Yummy Lipscrub Gulaco

3. Air Putih. Minuman ini sifatnya mutlak dibutuhkan. Dengan mengkonsumsi minuman yang cukup, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan kekeringan dibibir. Pengalaman saya jika bibir sudang kering, itu tandanya harus segera mengkonsumsi air dengan cukup. Kalo sedang berpuasa, bisa kok disiasati dengan banyak minum saat setelah berbuka dan malam hari, serta sahur. Samalah dengan iklan air di tv itu :p. Dengan begitu, kecukupan air selama puasa insya allah terpenuhi dan bibir terhindar dari pecah-pecah.

4. Makan buah dan sayur. Udah pasti tau dong ya manfaat yang ada dalam makanan-makanan ini. Meskipun terdengar klise, tapi memang sangat dibutuhkan. Untuk menjaga bibir tetap lembab atau minimal tidak kering, saya selalu berusaha untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya. 

Menjaga bibir tetap lembab meskipun saat berpuasa itu penting, selain terlihat segar, ngga mau kan jadi ngga bisa pake lipstik matte kesukaan? Jadi, bisa kok bikin bibir tetap lembab melalui luar dan dalam seperti di atas dengan syarat disiplin. Semoga bermanfaat :D

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar